Wednesday, September 30, 2015

Cara Mengirim Barang ke Luar Negri

Goes to Malaysia
Apa yang kamu lakukan saat pertama kali mendapatkan orderan dari luar negeri? ini niih yang harus kamu perhatikan terlebih dahulu. 
1. Deal harga dulu sama calon buyernya. Klo deal, lanjut.
2. Cek ongkir (ongkos kirim). Penting! Bisa dicek di website pos. Beritahukan pada calon buyer berapa perkiraan ongkirnya. Bila sudah deal lagi, baru start pengerjaan.
3. Setelah barang jadi, minta calon buyer utk mengirim biaya barang plus ongkir (dalam hal ini saya memakai Western Union).
4. Ambil uang di Western Union (bisa di kantor pos), baru kirim barang.

Cek Ongkos Kirim via Website

1. Anda perlu mengira-ngira, kira-kira barang yang akan dikirim nanti sebesar apa sih? Berapa ukurannya? 
2. Waktu itu saya perkirakan boxnya nanti sebesar 17x17x10 cm. Karena ukuran quiet book saya hanya 15x15x4 cm.
3. Cek ongkir di website Pos. Hasilnya spt ini
Hasil cek ongkir via website Kantor Pos.
Naah, kita kan nggak tau pajaknya nanti habis berapa.. makanya saya bilang ke buyer nya, nanti ongkirnya sekitar 200.000 IDR. Sementara harga quiet book yang Anda pesan hanya seharga 80.000 IDR. Anda yakin masih mau melanjutkan orderan ini? Ternyata buyernya masih mau lanjut order. Alhamdulillaahh.... 

Cara mengirim barang ke luar negeri via Pos Indonesia.

  1. Pergi ke kantor pos (saya ke Kantor Pos pusat Malang). Saya pernah membaca di blog tertentu, klo ngirim barang ke luar negeri, sebaiknya ke kantor pos yang besar/pusatnya sekalian, jangan lewat cabang. Sudah banyak komplain dari pengirim yang mengirim barangnya lewat Kantor Pos cabang. Setelah sampai disana, bilang saja ke petugas satpamnya kalau kita mau mengirim "Paket Pos Internasional", agar kita diarahkan ke loket mana yang benar.
  2. Oh iya, saya juga membaca info dari blog lain, kalau mengirim ke luar negeri, box nya harus dibungkus pakai kertas coklat. Bungkus harus rapi yaaa.. lalu di lakban muter. Lakban benar-benar menutupi 100% box kita. Klo nggak, bisa bisa Kantor pos akan membungkus ulang box kita, lalu kita akan kena charge sebesar 20.000 IDR (itu duluuu, sekarang mah kagak tau). Klo saya, ke kantor pos sambil bawa lakban, sampul coklat, gunting. Buat jaga-jaga kalau saya salah bungkus. Ambil aman sajaaaa.
  3. Petugas loket memeriksa box barang kita, lalu kita ditanyain isinya apa? Klo dokumen bisa diproses langsung, klo barang/paket, harus dicek di Kantor Bea Cukai. Di Kantor Pos Malang ada kantor bea cukainya juga lhooo. Jangan khawatir. Lalu petugas akan memberi secarik formulir yang harus kita isi saat di kantor bea cukai tersebut. 

Scan barang di Bea Cukai

Di kantor bea cukai, box kita akan di-scan (itu tuuhh, kayak klo kita mau naik pesawat, bawaan kita di scan dulu kan? 
Form Bea Cukai

4.  Setelah lolos cek bea cukai, kita kembali ke loket kantor pos yang tadi. Isi formulir pengiriman paket pos internasional seperti di bawah ini: 
Form Paket Pos internasional.
5. Setelah itu, petugas loket akan memproses pengiriman barang lewat komputernya. Dan kita akan mendapat salinan dari struk pembayaran pos internasional. 
Bukti pos
6. Beres dahhhh.. Ongkir paket saya sebesar box susu bubuk D*nc*w ke Malaysia berkisar 199.000 IDR (Paket Cepat) . 2-3 hari nyampe. Ehhh benerrrr, 3 hari tepat! Nyampe! Klo paket biasa, petugas bilang ongkirnya skitar 50% dari harga paket cepat, nyampe nya 2-3 mingguan. 
Paket sebesar susu bubuk D*NC*W 800 gram

Tips
Sebaiknya, sebelum minta transferan ke buyer luar negrinya, cek ongkir saja dulu ke kantor pos sambil bawa paket nya. Klo udah, pulang ke rumah, bilang ke buyernya klo ongkirnya segituuuu. Biar kita tau berapa ongkir pastinya dari kantor pos. Daripada kek saiya tadi, hanya perkiraan saja hitung2an ongkirnya. Untung aja pass... lahh klo kagak? bisa berabe hohohooooo.... 







2 comments:

  1. Wahhh membantu bgt ini infonya mba any..
    Meski ga tau mau kirim apa keluar negeri yg ptf tau dulu lah caranya. Hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he hee... tak doain ntar punya bisnis yg kdepannya bisa kirim ke luar negri deh. Aamiin.

      Delete